Rekomendasi 7 Makanan Khas Sunda Paling Yummy

Makanan khas Sunda tak hanya memiliki cita rasa yang ringan, tapi cara menyajikannya juga sederhana. Tak perlu plating mewah layaknya hidangan kekinian.

Lotek Kangkung #JelajahBarat
source gambar : yummy.co.id

Cukup disajikan dengan daun pisang sudah bisa membuat para penikmatnya nambah lagi berkali-kali. Kalau Anda ingin mencicipi hidangan dari daerah Jawa Barat, bisa coba beberapa rekomendasi berikut.

  1. Lotek

Berbicara makanan khas Sunda, tak afdol rasanya bila tidak mengulas hidangan ini. Lotek adalah hidangan asli Sunda yang dibuat dari sayur-sayuran segar.

Antara lain kol, tauge, kacang panjang, serta kangkung. Sayur-sayur tersebut dimasak dengan cara direbus.

Anda pun dapat berkreasi dengan sayuran lainnya. Setelah itu, sayuran tersebut disiram dengan bumbu kacang yang membuat cita rasanya makin unik sekaligus nikmat.

  1. Empal Gentong

Bila Anda sudah mengenal empal gepuk, ternyata masih terdapat makanan khas Sunda yang dibuat dari daging, yaitu empal gentong. Hidangan ini terbuat dari daging, usus, serta babat sapi.

Bahan-bahan tersebut dimasak di dalam gentong serta memakai kayu bakar. Inilah yang membuat cita rasa tradisionalnya amat kuat.

Setelah matang, empal gentong disajikan dalam mangkuk yang berisi nasi maupun lontong. Kemudian disiram dengan santan gurih serta ditaburi kucai yang kian menggugah selera.

  1. Karedok

Makanan khas Sunda ini sebenarnya tak berbeda jauh dengan lotek. Keduanya sama-sama terbuat dari sayuran.

Namun, bedanya, bahan sayuran yang dipakai di karedok masih mentah. Umumnya hidangan ini dinikmati dengan nasi hangat atau lontong. Kemudian ada tambahan kerupuk yang menjadikan makan siang Anda semakin nikmat.

  1. Sate Maranggi

Sate barangkali sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Saking terkenalnya, hidangan yang satu ini bahkan mempunyai ragam varian.

Mulai dari sate ayam, sate usus, sate jamur, sate kambing, serta jenis sate lainnya. Jawa Barat pun tak mau kalah menghadirkan varian sate.

  1. Tahu Gejrot

Hidangan khas Jawa Barat berikutnya yang tak boleh Anda lewatkan yakni tahu gejrot. Sama dengan namanya, hidangan yang satu ini menggunakan bahan utama tahu.

Biasanya tahu yang dipakai jenis tahu kulit asli Sumedang. Kemudian dipotong kecil-kecil dan disiram bumbu cabai.

Bumbunya tak seperti bumbu kacang yang teksturnya kental. Namun, memiliki tekstur cair dan rasanya tak hanya pedas. Rasanya juga segar sebab ada kencur di dalamnya, sehingga lebih terasa khas Sunda.

  1. Batagor

Batagor atau bakso tahu goreng jadi hidangan khas Sunda yang sekarang ini telah sangat terkenal. Sesungguhnya batagor bukanlah hidangan berat. Makanan ini terbuat dari campuran berbagai bahan. Mulai dari ikan tenggiri, tepung sagu atau aci, serta kulit pangsit.

Kemudian setelah itu adonan digoreng dan disajikan bersama siraman sambal kacang serta kecap manis. Rasa gurih, manis, juga sedikit pedas dijamin membuat siapapun suka dengan hidangan ini.

Biasanya batagor jadi jajanan yang gampang dijumpai di pedagang kaki lima. Hidangan ini sudah mempunyai banyak penggemar mulai dari kalangan anak-anak hingga orang tua.

  1. Surabi

Surabi atau ada pula yang menyebutnya Serabi adalah jajanan khas Sunda lainnya yang sangat terkenal. Menu ini umumnya mudah dijumpai di Bandung serta sekitarnya. Surabi ini dapat jadi camilan tapi bisa juga disantap di pagi hari untuk sarapan.

Bagaimana rekomendasi makanan khas Sunda di atas? Menggugah selera sekali, ya. Anda ingin coba yang mana, nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *