Doa Ziarah Kubur

Tentu suatu Hal yang menakukan jika kita membahas tentang tentang apa yang disebut dengan kematian.Kita semua harus sadar jika kematian atau ajal ini tentu tidak pandang bulu contoh tidak pandang umur,tidak pandang lelaki atau wanita,tidak pandang kesibukannya tidak pandang sudah tua atau pun masih muda.

Kematian akan menghapiri kita bisa kapan saja,tentu menurut kepercayaan saya yang saya percayai (islam) jika kematian memang sudah di tuliskan waktu dan sebagaimana mestinya ketika saya baru dilahirkan di bumi ini.

Menurut pandangan Agama yang saya yakani yaitu Islam. Jika suatu kematian yaitu dikatakan sebagai peralihan kehidupannya seseorang,yang mana dari salah satu dunia menuju dunia atau kehidupan di alam lain.

Juga Menurut beberapa para ulama bahwasannya kematian bukanlah sekedar hanya kehilangan atau kebinasaan saja, tetapi bahwasannya mati ialah terputusnya elemen hubungan roh bersama tubuhnya,juga tidakmeleburnya hubungan antara keduanya, dan berpindahnya kehidupan dari salah satu kehidupan ke kehidupan lainnya dikutip”Al- Qurtubi” tahun 2005 .

Bacaan Doa Ziarah Kubur Singkat, Lengkap Adab-Adab Ziarah Kubur Sesuai Sunah  - Tribunmanado.co.id
source gambar : manado.tribunnews.com

Jika pada Pandangan secara umum(menyeluruh) bahwasannya Seseorang yang telah meninggal bisa digambarkan seperti telah berhentinya suatu pernapasan dalam tubuhkita dan sistem sistem yang berada dalam tubuh kita  menyebabkan tidak berfungsinya kerja kinerja organ kita hingga hilangnya nyawa dan tentu tidak bisa dihidupkan kembali.

Jika pada pandangan KBBI Arti meninggal ialah berpulang.Dimana seseorang telah (MATI) dan tak mungkin hidup kembali (secara logis/umum).

Kalian mungkin sudah tau apa yang di sebut dengan kata Ziarah.Yap ziarah yaitu salah satu kegiatan secara langsung,yang dilakukan umat beragama yang mempunyai suatu nilai moral yang penting didalamnya.

Pada umumnya kegiatan ziarah ini dilakukannya di salah satu tempat yang dirasa suci dan penting oleh seseorang peziarah tersebut atau untuk orang orang yang berkeyakinan dan iman yang berkaitan.Tentu memiliki tujuan,dan salah satu tujuannya yaitu untuk mengingatnya kembali,memperkuat iman atau menyucikan dirinya sekalipun.

Ada beberapa hal yang biasa dilakukan ketika kita sedang melakukan ziarah atau berziarah kesuatu tempat atau lainnya.Mungkin saya akan lebih condong mengulas ke dalam kepercayaan saya sendiri yaitu dalam Agama Islam dengan cara mendoakan .Berikut tata cara atau doa Doa ziarah kubur yang pada umumnya di lakukan seseorang yang sedang berziarah.Sebagai Berikut :

Pertama

Melantunkan Salam atau Membaca Salam(terucap tak terucap)

 نَ حقُو لا بِكُمْ اللَّهُ ءَ شا إنْ وَإنَّا نَ جَّلُ مُؤَ غَداً نَ دُتُوعَ ما وَأتاكُمْ مُؤْمِنينَ قَوْمٍ دَارَ عَلَيْكُمْ السَّلامُ

‘’Assalamualaikumm Daara Qauminnn Mu’minin Waaa ATaakuMM Ma TU’adunn GHadan Mu’AJjaalun, Wa INNA INSyaALLAHhuu BikuMMm LahiiqunNnNnN ‘’

Artinya: “Assalamuallaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah Tiba untuk kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan esok, dan kami Insya Allah senantiasa menyusul kalian.”

Kedua

Melantukan Bacaan ISTIGFAR setelah membaca bacaan SALAM

-AstagghfiruLLAH HAL Addzim ALLadzi La ILAHA illa HUWALL HAYyyyuL QoyYYyumu WA ATUBU I.L.A.H.I-

Ketiga

Melantukan Bacaan TahLIL

Dengan membaca Kalimat tahlil Yang bermaksud untuk dikirimkannya pahala pahala sedekah yang baik terhadap Almarhum . Dengan membaca ( LaaaaILaaaHA ILLALLAHHH)

TERAKHIR

Melantunkan DOA ZIARAH KUBUR

اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ، وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ، وَوَسِّعْ مَدْخَلَهُ، وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ، وَنَقِّهِ مِنَ الذُّنُوبِ والْخَطَايَا كَمَا يُنَقَّى الثَّوْبُ الْأَبْيَضُ مِنَ

 وَمِنْ لْقَبْرِ عَذَابِ هُ مِنْ وَأَعِذْ لْجَنَّةَ خِلْهُ وَأَدْ زَوْجِهِ مِنْ خَيْرًا جًا وَزَوْ دَارِهِ مِنْ خَيْرًادَارًا وَأَبْدِلْهُ الدَّنَسِ

 فِيهِ لَهُ ونَوِّرْ قَبْرِهِ فِ لَهُ وَافْسَحْ النَّار عَذَابِ

Memiliki arti ialah ( YA ALLAH.SWT, Berilahh ammpunann dan juga rahmat terhadapnya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Sucikanlah ia dari dosa dosa sebagaimana Engkau bersihkan baju yang berwana putih dari noda kotoran )

Selanjutnya ialah (Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, istri yang lebih baik dari istrinya. Tempatkanlah ia ke dalam surga terbaik, kasihilah perlindungan untuknya dari siksa kubur dan siksa neraka. Luaskanlah untuknya di dalam kubur dan cahayailah ia pada kuburnya )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *